PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI STRATEGI PEMBELAJARAN ALTERNATIF PADA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Paula Dewanti ITB STIKOM Bali
  • Indriyani ITB STIKOM Bali
  • Rifky Lana Rahardian ITB STIKOM Bali

Keywords:

Covid-19, Pembelajaran Digital, Online Learning.

Abstract

Beberapa bulan ini, banyak perubahan yang terjadi pada banyak aspek kehidupan kita. Covid-19 memaksa kita untuk beradaptasi dengan ketidakpastian seputar dampak COVID-19, yang mana hal ini belum pernah terjadi sebelumnya. Selama masa pandemi Covid-19, pembelajaran online menjadi salah satu strategi pemerintah untuk mengurangi angka sebaran dan pengingkatan pasien terdampak Covid-19. Pemanfaatan Teknologi Informasi telah menjadi bagian dari hidup kita. Pandemi ini juga memaksa orang tua, yang notabene merupakan generasi terdahulu, untuk memahami digitalisasi sebagai tanggung jawab dalam membantu anak-anak mereka belajar dari rumah. Paradigma pendidikan berkembang dengan menempatkan teknologi informasi sebagai wahana pengembangan ilmu pengetahuan. Suci Education and Daycare yang melayani kursus Bahasa Inggris privat dan kelompok, kursus Baca, Tulis, dan Berhitung (calistung), serta kursus mata pelajaran Sekolah Dasar (SD) lainnya, selain sebagai penitipan anak usia 3 bulan sampai dengan 10 tahun, mengalami tantangan dalam mengadaptasi perubahan yang disebabkan oleh pandemic Covid-19. Tim Pengusul akan melakukan pelatihan pemanfaatan Teknologi Informasi bagi karyawan Suci Education and Daycare, termasuk orangtua murid, untuk memastikan pembelajaran dapat berlangsung secara efektif.

References

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81-89.

Hidayat, D., & Noeraida, N. (2020). Pengalaman Komunikasi Siswa Melakukan Kelas Online Selama Pandemi COVID–19. JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek, 3(2), 172-182.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12.

Dewanti, P. (2019). Optimalisasi Digital Native di Era Industri 4.0. Teknomatika, 9(1).

Bali Island Map. 2020. Map Pulau Bali. Bali Citra Satelit. www.maps.google.com. Diakses tanggal 15 Oktober 2020.

Downloads

Published

2021-03-03

How to Cite

Dewanti, P., Indriyani, & Lana Rahardian, R. (2021). PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI STRATEGI PEMBELAJARAN ALTERNATIF PADA MASA PANDEMI COVID-19. Prosiding Penelitian Pendidikan Dan Pengabdian 2021, 1(1), 1460–1468. Retrieved from http://prosiding.rcipublisher.org/index.php/prosiding/article/view/314