PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN: MOTIVASI MENJADI WIRAUSAHA MUDA BAGI PESERTA PROGRAM KECAKAPAN WIRAUSAHA (PKW) DI BATURAJA

Authors

  • Angga Wibowo Gultom Universitas Baturaja
  • Fifian Permatasari Universitas Baturaja
  • Rani Anwar Universitas Baturaja

Keywords:

Pelatihan Kewirausahaan, Motivasi, Wirausaha Muda, Program Kecakapan Wirausaha

Abstract

Tingginya angka pengangguran di usia produktif membuat kementrian pendidikan dan kebudayaan melalui direktorat kursus dan pelatihan meluncurkan program kecakapan wirausaha (PKW). Guna mendukung program pemerintah tersebut maka dilakukanlah pelatihan kewirausahaan dengan tujuan memotivasi pengangguran di usia produktif menjadi wirausaha muda. Untuk mencapai tujuan tersebut tentu dibutuhkan pemahaman dan motivasi tentang wirausaha bagi para peserta program kecakapan wirausaha (PKW) agar nantinya setelah program ini selesai, mereka akan siap menjadi wirausaha muda baru di Baturaja. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah presentasi, diskusi dan tanya jawab. Output dari pelatihan ini adalah kemampuan para peserta menemukan dan mendeskripsikan motivasi pribadi mereka untuk menjadi wirausaha muda. Hasil dari kegiatan ini memperlihatkan bahwa setiap peserta secara individu berani untuk maju kedepan kelas dan mampu mendeskripsikan karakteristik tentang kewirausahaan dan motivasi pribadi mereka untuk menjadi wirausaha muda baru. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini telah berhasil memberikan motivasi bagi para peserta kegiatan program kecakapan wirausaha di Baturaja untuk menjadi wirausaha muda.

References

Andayanti, W., & Harie, S. (2020). Pengaruh motivasi wirausaha terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Intelektium, Vol. 1, No.2, pp. 107-114.

Ardiyanti, D.A., & Mora, Z. (2019). Pengaruh Minat usaha dan motivasi usaha terhadap keberhasilan usaha wirausaha muda di kota langsa. Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis, Vol. 10,No.2, pp. 168-178.

Asnawi, N. (2011). Wirausaha Sebagai Solusi Pengangguran Terdidik Di Indonesia. Iqtishoduna. Vol. 7, No.2, pp. 1-21

Gemina, D., & Ginanjar, A. (2019). Kinerja usaha miro kecil menengah makanan Kabupaten Cianjur berbasis komitmen, kompetensi dan motivasi usaha. Jurnal Visionida, Vol. 5, No.2, pp. 1-12.

Gemina, D., Silaningsih, E., & Yuningsih, E. (2016). Pengaruh motivasi usaha terhadap keberhasilan usaha dengan kemampuan usaha sebagai variabel mediasi pada industri kecil menengah makanan ringan priangan timur-Indonesia. Jurnal Manajemen Teknologi, Vol. 15, No.3, pp. 297-323.

Saragih, R. (2017). Membangun usaha kreatif, inovatif dan bermanfaat melalui penerapan kewirausahaan sosial. Jurnal Kewirausahaan, Vol. 3, No.2, pp. 26-34.

Sukirman, S. (2017). Jiwa kewirausahaan dan nilai kewirausahaan meningkatkan kemandirian usaha melalui perilaku Kewirausahaan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, Vol. 20, No.1, pp. 113-131.

Suwinardi, S. (2019). Langkah sukses memulai usaha. Orbith: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa dan Sosial, Vol. 14, No.3, pp. 195-201.

Vijaya, D. P., & Irwansyah, M. R. (2018). Pengaruh modal psikologis, karakteristik wirausaha, modal usaha dan startegi pemasaran terhadap perkembangan usaha UMKM di kecamatan Buleleng tahun 2017. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol. 5, No.1, pp. 45-51.

Downloads

Published

2021-03-27

How to Cite

Wibowo Gultom, A. ., Permatasari, F. ., & Anwar, R. . (2021). PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN: MOTIVASI MENJADI WIRAUSAHA MUDA BAGI PESERTA PROGRAM KECAKAPAN WIRAUSAHA (PKW) DI BATURAJA. Prosiding Penelitian Pendidikan Dan Pengabdian 2021, 1(1), 787–795. Retrieved from https://prosiding.rcipublisher.org/index.php/prosiding/article/view/224