PENGUATAN NILAI LUHUR BUDAYA MELALUI PENDIDIKAN BERBASIS BUDAYA LOKAL DI SD N 1 TRIRENGGO

Authors

  • Muhammat Muqsith Rozaki PGSD Universitas Alma Ata Yogyakarta
  • An-Nisa Apriani PGSD Universitas Alma Ata Yogyakarta

Keywords:

Nilai luhur budaya, pendidikan berbasis budaya lokal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses implementasi pendidikan  berbasis budaya lokal, nilai-nilai luhur budaya yang diterapkan, serta faktor pendukung dan penghambatnya di SD N 1 Trirenggo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang di gunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan nilai luhur budaya melalui pendidikan berbasis budaya lokal diimplementasikan melalui tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Nilai-nilai luhur budaya yang diterapkan meliputi nilai spiritual, personal-moral, nilai sosial, dan nasionalisme. Nilai-nilai luhur budaya diterapkan melalui pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari siswa dan menyisipkan nilai-nilai luhur budaya lokal dalam pembelajaran. Penguatan nilai luhur budaya didukung dengan kerja sama antar pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, budaya dan lingkungan, serta peran lingkungan masyarakat. Penguatan nilai luhur budaya juga memiliki beberapa faktor pengghambat seperti faktor guru, peserta didik, lingkungan, dan karakter peserta didik.

References

Abidin, A. M. (2018). PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MELALUI METODE PEMBIASAAN. Jurnal Kependidikan, 12, 183–196.

Apriani, A.-N. (2019). LIVING VALUES EDUCATION Penguatan Penddikan Karakter dalam Pembelajaran Tematik (N. A. Huda (ed.); 1st ed.). K-Media.

Ariana, S. (2017). Manajemen Pendidikan: Peran Pendidikan dalam Menanamkan Budaya inovatif dan Kompetitif.

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga. (2014). PEDOMAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN BERBASIS BUDAYA DI SD. Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Hendrian, D. (2018). KPAI: 202 Anak Tawuran dalam Dua Tahun. Kpai.Go.Id. https://www.kpai.go.id/berita/kpai-202-anak-tawuran-dalam-dua-tahun

Khasanah, K., & Wijayanti, W. (2017). STRATEGI IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERBASIS BUDAYA DINAS PENDIDIKAN DASAR KABUPATEN BANTUL. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 5, 174–188.

Lestari, R. Y. (2016). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Watak Kewarganegaraan Peserta Didik. Untirta Civic Education Journal, 1, 136–152.

Malawi, I., Kadarwati, A., Dayu, D. P. K., & Rudyanto, H. E. (2019). PEMBAHARUAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR (E. Ryanto (ed.); 1st ed.). CV. AE MEDIA GRAFIKA. www.aemdiagrafika.com

Ninawati, M. (2020). Potensi Penerapan Nilai-Nilai Budaya Lokal Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Math-UMB.EDU, 7(2), 24–29.

Nurabadi, A. (2019). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Dan Lingkunan Sekolah. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 3, 92–99.

Perda DIY. (2011). PERATURAN GUBERNUR DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA NOMOR 5 TAHUN 2011. 1–28.

Pudyastuti, S. A. (2016). Implementasi Kebijakan Pendidikan Berbasis Budaya Di Sd Negeri Mendiro Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 5, 708–720.

Shidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan (A. Mujahidim (ed.); pertama). Nata Karya.

Sisdiknas. (2003). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003. 1, 1–26. www.unpad.ac.id

Sugiarto, E. (2015). Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif: Skripsi dan Tesis (pertama). Suaka Media.

Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI. (2012). ILMU DAN APLIKASI PENDIDIKAN (pertama). PT IMPERIAL BHAKTI UTAMA.

Widianto, E. (2015). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Dalam Keluarga. PG-PAUD Trunojoyo, 2(1), 1–75.

Downloads

Published

2021-03-27

How to Cite

Muqsith Rozaki, M. ., & Apriani, A.-N. . (2021). PENGUATAN NILAI LUHUR BUDAYA MELALUI PENDIDIKAN BERBASIS BUDAYA LOKAL DI SD N 1 TRIRENGGO. Prosiding Penelitian Pendidikan Dan Pengabdian 2021, 1(1), 372–382. Retrieved from http://prosiding.rcipublisher.org/index.php/prosiding/article/view/164